TERAPI



"Memasak terkadang menjadi terapi tersendiri pada puncak kepenatan aktifitas harian"

Hari itu, saya sebenarnya rindu aroma dapur dan segala sesuatunya yang akhir-akhir ini tak saya akrabi tersebab alasan klasik: kesibukan.

Jika membaca dan mencium aroma buku adalah semacam candu jika lama tak diakrabi, menulis pun menjadi sesuatu yang seolah harus dilakukan  untuk menumpahkan gunungan permasalahan atau bahkan (mungkin) endapan perasaan yang tak terkatakan lewat lisan.

Tetapi hari itu, seolah saya tak ingin berlama-lama wiridan di depan layar android yang selalu menyala, lepi kesayangan sebagai tempat curhat terasyik, dan buku tempat saya berimajinasi tanpa batas. Bosan. Itu yang saya rasakan. Alhasil, hari itu saya campakkan hal2 yang berbau  bacaan dan tulisan.

Saya melangkah ke dapur, mengamati sekelilingnya. Memulai berbenah, dan menemukan sisa tepung tapioka di bawah meja dapur tergolek tak berdaya. Ting! Cireng!...tetiba di benak saya ingin mengeksekusi sebuah camilan sederhana bernama CIRENG ini.

Ups! Ternyata ketergantungan saya tak terkira pada si samsung J5 2016 (jeniku) yang sdh saya hempaskan sedari tadi di sudut kamar. Etapi, sebentar saja saya googling resep Cireng di sana, selanjutnya. Saya hempaskan lagi dia. Maafkan ya jeniku sayang...hihihi...

Buka lemari, ambil timbangan. Masukkan tepung, masih tersisa 250gram. Lumayanlah, bs jadi satu resep.

Dan..mulailah saya uprek-uprek di dapur. Saya akan bagi resep cireng ala2 saya ya. Tp maafkan jika rasa dan kualitasnya tak sesuai di lidah. Alhamdulillah...aroma tepung tapioka mmenuat saya lebih rileks...(terapi 1)

CIRENG CRISPY HOME MADE ala BUNDA NOVI

Bahan-bahan:
250 gram tepung tapioka
2 siung bawang putih yang sdh dihaluskan atau bs pake bawang putih bubuk jika dirasa lebih praktis dan nggak mau ribet
garam secukupnya
bubuk kaldu secukupnya

Bahan Saus Rujak:
Cabe rawit sesuai selera
Gula pasir secukupnya
Gula merah secukupnya
Asam jawa secukupnya

Cara Membuat Adonan Cireng :

1. Larutkan 2 sendok makan tepung tapioka ke dalam 200ml air tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan bubuk kaldu. Di beberapa resep bisa ditambahkan merica, tapi saya memilih tanpa merica

2. Didihkan larutan tepung yang sudah bercampur dengan bumbu tadi di atas api kecil sambil diaduk perlahan

3. Jika larutan sudah menggumpal seperti lem, matikan api

4. Tuang adonan yang mirip lem tado ke dalam tepung tapioka sisanya di tempat terpisah

5. Aduk sampai rata, tidak perlu diuleni. Pokok rata saja. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat atau sesuai selera

6. Tata adonan yang telah dibentuk dalam wadah lain. Selanjutnya taruh sebentar kira-kira 3menit dalam freezer

7. Siapkan minyak dalam wajan. Goreng adonan cireng dengan api sedang

Cara Membuat Saus Rujak:

1. Haluskan cabe rawit dan gula
2. Cairkan gula merah dengan menambah sedikit air
3. Masukkan cabe rawit yang sudah dihaluskan pada cairan gula merah, kemudian tambahkan asam jawa sesuai selera

Alhamdulillah...
Taraaa...akhirnya cireng siap dinikmati. Lega, terharu, dan bahagianya saya berhasil buat cireng home made. (terapi lagi kan?)

Tapi, setelah jadi dan 'platting' cirengnya untuk masuk pada sesi pemotretan. Selanjutnya saya selalu males memakan makanan yang saya masak sendiri. Allhasil, saya menunggu korban yang mau mencicipi cireng buatan saya.

Selepas melakukan aktifitas itu semua, saya jadi 'fresh' kembali dan siap untuk memulai rutinitas lagi. Selamat menikmati sajian ciremg crispy home saya ya bundsist dan miksist. Hihihi...


Bumi Mahameru, 27 September 2018



0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Blog


Jejak Karya

Jejak Karya
Cinta Semanis Kopi Sepahit Susu adalah buku single pertama saya, yang terbit pada tanggal 25 April 2017 tahun lalu. Buku ini diterbitkan oleh QIBLA (imprint BIP Gramedia). Buku ini adalah buku inspiratif dari pengalaman pribadi dan sehari-hari penulis yang dikemas dengan bahasa ringan tapi syarat hikmah. Ramuan susu dan kopi cinta dari hati penulis ini menambah poin plus buku ini sangat layak dibaca bahkan dimiliki.

Bagian Dari

Blogger templates

Blogroll

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *