Selasa, 16 Januari 2018

Tak Kenal, Maka Ta'aruf...

Menikmati semilir angin pagi di alun-alun Lumajang
Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, eits...yang benar menurut saya sih tak kenal ya ta'aruf (kenalan)...hehehe...

Dan...ini dia profil saya.

Bunda Novi nama pena dari Novi Istina ini mulai kenal dan bergabung dengan Forum Lingkar Pena cabang Malang pada tahun 2003 silam. Dua tahun aktif menjadi anggota FLP Cabang Malang membuatnya tergerak untuk menggagas berdirinya FLP Ranting Universitas Negeri Malang (UM). Alhamdulillah, di tahun 2005 FLP Ranting UM terbentuk, dan ia diamanahi untuk menjadi Kepala Suku pertama FLP Ranting UM periode tahun 2005-2007 kala itu. Dua tahun menjadi ketua FLP Ranting UM, ia merasa gagal.
Tersebab, tak satu pun ia menghasilkan karya solo selayaknya ketua cabang dan ranting pada umumnya. Saat lengser dari kepengurusan FLP Ranting UM, cita-citanya menjadi seorang penulis sedikit demi sedikit mulai terpinggirkan. Dunia pendidikan mengalihkannya untuk sejenak melupakan cita-citanya itu.
Bunda dari Hanif Alif Husnayan (9 tahun, 10 bulan) ini asli kelahiran Lumajang, 36 tahun silam. Selama sebelas tahun mengenyam pendidikan dan membangun keluarga di kota bunga, Malang. Hingga atas skenario Allah, dalam waktu tiga tahun sekembalinya ia ke kampung halaman, dengan beberapa komunitas muslimah pecinta sastra Islami ia seringkali mengadakan diskusi kecil seputar sastra yang kemudian komunitas ini menjadi cikal bakal berdirinya FLP Cabang Lumajang. Alhamdulillah, tepat di bulan November 2015 FLP Cabang Lumajang terbentuk. Kembali, ia dipercaya untuk memegang kendali kepengurusan FLP Cabang Lumajang periode tahun 2015-2017. Belum selesai mengemban amanah dalam periode kepengurusannya, di awal tahun 2017 ia mendapatkan amanah dakwah untuk memimpin sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di pulau Borneo paling Utara, tepatnya di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.Tujuh bulan ia menjalani amanah dakwah ini dengan sepenuh hati, kembali ke passion pendidikan yang selalu ia nanti. Akan tetapi, takdir Allah berkata lain. Allah memanggilnya kembali ke kampung halaman dengan skenario yang indah dan penuh kejuatan, Begitu pula, FLP cabang Lumajang pun kemudian menjadi tempat pulang yang paling dinantikan.

Berikut beberapa karya yang pernah dihasilkan baik lokal maupun nasional, antara lain :
1. Juara favorit lomba menulis cerpen yang diadakan Warung Buku Thinker Lumajang tahun 2005yang berjudul Keangkuhan Bintang
2. Juara 2 lomba menulis essay pendidikan yang diadakan LPIT Insan Permata Malang tahun 2009 yang berjudul Kekuatan Doa Seorang Guru
3. Buku Ajar Bahasa Indonesia Aku Cinta Bahasa Indonesia 5A diterbitkan oleh SDIT Insan Permata Malang tahun 2012
4. Antologi cerpen I Love Me oleh penerbit Cesshomedia Publisher tahun 2014 yang berjudul Tersenyumlah, Cinta
5. Antologi kisah inspirtif  Istana yang Dibangun dengan Kata-kata bersama FLP Jatim tahun 2016
6. Buku Solo berupa kisah inspiratif (Non Fiksi) Cinta Semanis Kopi Sepahit Susu, yang diterbitkan oleh penerbit QIBLA (BIP lini Gramedia) pada tanggal 25 April 2017
7. Antologi kisah inspiratif tentang jodoh Haruskah Aku yang Melamarmu bersama FLP Jatim tahun 2017

Selain beberapa karya tersebut, profilnya pernah dimuat di Radar Semeru bertajuk Rintis Komunitas Gemar Menulis (Ingin Menulis Novel dari Potensi Lumajang) pada tanggal 29 Februari 2016 silam. Pemilik motto hidup Khoirunnas ‘anfauhum linnaas ini sekarang sedang kejar tayang menulis novel bertema persahabatan yang sengaja menggali potensi Lumajang dengan mengambil setting beberapa tempat di kawasan wisata Lumajang dalam rangka untuk mewujudkan cita-citanya menduniakan Lumajang.
Ia bertekad untuk terus bersama FLP sebagai sarana dakwah bil qalam yang bervisi pencerahan. Berharap kelak apa yang ia tulis menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir sampai surgaNya. Aamiin.
Berminat menjalin silaturahim dengan Bunda Novi bisa menghubungi, No. WA di 085336018799, Email: istina.novi4@gmail.com, dan akun IG: @bund_novi.

0 komentar:

Posting Komentar