GAPURA


Gapura (baca: gapuro-jawa) masih
sependek ingatan yang terpanggil dalam benak adalah pintu utama sebuah rumah yang barangkali masih ada hubungannya dengan sejarah kerajaan Majapahit dalam sejarah Bumi Lamadjang. Hingga bumi yang pernah dimandegani oleh Arya Wiraraja ini beberapa bangunannya masih didominasi aneka gapura. Bisa juga disebut pintu gerbang dari sebuah rumah.
Hanya saja kali ini saya tidak sedang akan membahas arsitektur peninggalan kerajaan Majapahit beserta tetek bengeknya. Sebaliknya dengan penuh kesadaraan saya sedang mentadabburi predikat diri yang sudah terhitung sekian abad menjadi seorang muslimah. Bermuhasabah atas syahadat sebagai pintu gerbang awal masuknya seseorang ke dalam agama Islam.

Lalu pertanyaannya, sudah sempurnakah syahadat saya? Meski berIslam karena nasab tidak kemudian merasa diri sudah layak (lebih tepatnya merasa layak) menjadi penghuni surga. Sungguh tidak. Bahkan jauuh dari itu semua. Masih harus selalu mencurigai diri yang alpa lagi hina dina ini.

Syahadatain, betapa pentignya hingga menjadi sebuah 'pintu gerbang' masuknya kita ke dalam Islam. Esensinya tak hanya sebuah ikrar atas komitmen dalam berIslam semata, dianya dibersamai dengan keyakinan dalam hati dan kerja seluruh tubuh dalam bingkai amal perbuatan sebagai wujud dari keimanan. Hingga kemudian menghujam dalam diri selayaknya dalam sebait firmannya yang suci:
"walladziina hum bisyahadatihim qaaimuun"
(Dan mereka adalah orang-orang yang berpegang teguh pada kesaksiannya)

Semoga kita termasuk satu di antaranya. Aamiin...

Wallahu a'lam bishowab...

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Blog

Archive Blog


Jejak Karya

Jejak Karya
Cinta Semanis Kopi Sepahit Susu adalah buku single pertama saya, yang terbit pada tanggal 25 April 2017 tahun lalu. Buku ini diterbitkan oleh QIBLA (imprint BIP Gramedia). Buku ini adalah buku inspiratif dari pengalaman pribadi dan sehari-hari penulis yang dikemas dengan bahasa ringan tapi syarat hikmah. Ramuan susu dan kopi cinta dari hati penulis ini menambah poin plus buku ini sangat layak dibaca bahkan dimiliki.

Bagian Dari

Blogger templates

Blogroll

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *